Sabtu, 06 November 2010

Tak Bisa Sendiri

''Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.'' (1 Korintus 3:9)

Alex Haley, penulis buku laris ''Roots'', selalu memasang gambar kura-kura yang berada di atas pagar tinggi, di dalam kantornya. Gambar ini cukup unik karena tidak mungkin kura-kura bisa memanjat pagar tapi kenyataanya toh kura-kura tersebut berada di atas pagar. Alex Haley berkata, ''Bila Anda melihat seekor kura-kura bertengger di atas pagar, Anda tahu bahwa binatang itu bisa sampai ke sana karena ada orang yang mengangkatnya.'' Haley memasang gambar kura-kura tersebut menjadi pengingat dirinya bahwa kesuksesan tidak akan pernah bisa dicapai seorang diri. Kesuksesan terjadi karena ada orang lain yang menolongnya untuk naik.

Karena itu sangatlah menggelikan melihat kenyataan bahwa beberapa orang menyombongkan kesuksesannya sendiri, seolah-olah kesuksesannya tersebut merupakan hasil kerjanya sendiri saja. Coba kita pikir lebih sederhana, mungkinkah seseorang bisa sukses tanpa bantuan orang lain?
Mungkinkah seorang konglomerat bisa sukses kalau dia tidak dibantu oleh staf dan karyawannya? Demikian juga halnya kemenangan seorang atlet tidak akan pernah bisa dipisahkan oleh dukungan dan bantuan tim pendukungnya. Dalam olahraga balap motor misalnya, kemenangan seorang bintang balap pun tidak lepas dari pelatih, teknisi motor, dan seluruh tim.

Kita tidak akan pernah bisa meraih puncak sukses seorang diri. Cara pandang ini menghindarkan kita dari sikap sombong, menghilangkan sikap percaya diri yang berlebihan, dan membuat kita lebih menghargai orang-orang yang ada di sekeliling kita. Jika kita seorang pemimpin tertinggi dalam sebuah perusahaan, apakah kita juga menghargai seluruh karyawan kita, termasuk karyawan yang bekerja dalam bagian yang sangat sederhana seperti penjaga keamanan, office boy, atau pekerja kasar? Bagaimana seandainya satu hari saja mereka semua memutuskan untuk tidak masuk kerja? Bukankah harus disadari bahwa kinerja perusahaan pasti terganggu? Ini bukti bahwa setiap orang memberikan pengaruh terhadap keberhasilan kita. Kita tak ubahnya seperti kura-kura yang bisa naik ke pagar karena ada banyak orang yang mengangkat kita.

Di balik setiap kesuksesan, selalu ada orang-orang yang mendukungnya.

Tuhan Yesus Memberkati