Kamis, 30 September 2010

Jangan Egois

Di atas pesawat terbang Cesna ada tiga orang penumpang. Seorang pramuka, seorang pastor dan seorang usahawan. Tiba-tiba melalui pengeras suara terdengar suara pilot, ''Dalam beberapa detik lagi pesawat akan jatuh. Sayangnya kita hanya memiliki tiga parasut. Saya perlu satu parasut, karena harus melaporkan bencana ini.'' lalu pilot tersebut langsung terjun dengan parasutnya.

''Saya juga perlu mengambil satu,'' kata usahawan dengan gugup dan tergesa-gesa, ''Saya harus selamat, karena saya mempunyai peranan besar dalam kehidupan manusia.'' Lalu sang pengusaha pun menyusul pilot.

Kini hanya tinggal Sang Pastor dan si pramuka dengan satu parasut yang tersisa.
Sang Pastor menatap si pramuka. ''Nak!'' katanya, ''Saya pastor yang sudah tua dan puas menjalani kehidupan ini. Sedangkan kau masih sangat muda dan harus menjalaninya. Karena itu ambillah parasut ini, dan kiranya Tuhan memberkatimu...''
''Jangan bersedih pastor.'' Kata si pramuka. ''Kita masih punya dua parasut, yang diambil pengusaha tadi adalah ransel saya.''

Ya, kita mungkin tersenyum membayangkan ketololan yang dilakukan oleh si pengusaha tadi. Karena terlalu egois, dan didorong oleh sikap mementingkan diri sendiri, pengusaha tadi justru melakukan kecerobohon, sehingga bukannya keselamatan yang dia peroleh, namun justru kematian. Bukankah itu yang seringkali terjadi dalam dunia yang penuh dengan persaingan ini? Semua orang berlomba-lomba hanya untuk memikirkan dan mengutamakan kepentingan dirinya sendiri tanpa mau lagi mempedulikan orang lain.

Namun mari kita renungkan sejenak, bahwa Tuhan Yesus justru mengajarkan hal yang sebaliknya. Bila kita ingin diberkati, bila kita ingin menerima, maka kita harus memberi terlebih dahulu. Kita harus melayani dan mengutamakan orang lain terlebih dahulu, karena hanya dengan memberi kita akan menerima.

Jadi jangan hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, tapi pikirkanlah kepentingan orang lain juga, maka Bapa kita yang di surga akan memikirkan kepentingan kita juga.

''Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.'' (Matius 16:25)

Tuhan Yesus Memberkati