Rabu, 22 September 2010

Memecahkan Masalah Besar

'Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti?'' (1 Korintus 6:2)

Seorang karyawan tampak mengomel sejenak setelah atasan memanggilnya di kantor. Bukan karena ia ditegur akibat melakukan kesalahan, tapi karena baru saja atasannya memberikan sebuah proyek besar untuk segera ditanganinya. Karyawan ini marah karena menurutnya proyek ini sangat sulit dikerjakan atau bahkan mustahil untuk dikerjakan. Beberapa pendahulunya yang pernah mengerjakan pun sudah gagal. Bukan karena mereka kurang kompeten, tetapi karena proyek ini adalah hal besar yang tidak mungkin dikerjakan. Apakah situasi seperti ini akrab di lingkungan kita? Atau kita yang bahkan pernah mengalaminya?

Suatu hari direktur perusahaan pesawat, McDonnel Douglas Corp, Walter Burke, menerima telepon dari presiden Kennedy. ''Tuan Burke, kami memerlukan sebuah roket dengan kekuatan yang cukup besar untuk membawa orang ke bulan. Saya sudah mendengar segala alasan mengapa hal itu tidak dapat dilaksanakan. Sekarang pecahkan masalah itu sehingga pekerjaan itu dapat dilaksanakan.''
Ketika ditanya, bagaimana ia mengerjakan tugas yang besar dan hampir tidak mungkin itu, Burke menjawab: ''Saya belajar bertahun-tahun yang lalu bahwa satu masalah besar sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak masalah kecil. Cara untuk memecahkan masalah yang tidak mungkin itu yaitu pecahkan masalah itu menjadi masalah-masalah kecil lalu selesaikan masalah-masalah kecil itu satu-persatu.''

Jangan pernah merasa tidak bisa tanpa pernah kita mencoba sebelumnya. Bangunlah kepercayaan dalam diri kita bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Ketika kita dipercaya menyelesaikan masalah yang rumit dan besar di pekerjaan kita, tetaplah bersikap tenang. Kiat dari Burke ini bisa kita lakukan. Jangan pecahkan masalah besar itu sekaligus, tetapi pecahkan menjadi masalah-masalah kecil untuk kemudian selesaikan satu persatu. Berlatihlah menyelesaikan setiap masalah kecil, maka kita akan terlatih menangani masalah yang besar.

Satu masalah besar sesungguhnya merupakan kumpulan dari banyak masalah kecil


Tuhan Yesus Memberkati